Minggu, Juli 17

Setting Router Mikrotik Sederhana

Mudahan-mudahan posting saya ini tidak dianggap basi ya..hehehe soalnya dah begitu banyak yang membahas hal kayak gini...maklum lah masih newbe..hehe...untuk selanjut mudahan saya cukup punya banyak waktu luang untuk sharing dengan teman-teman yang memang hobi network..""sok sibuk ya heheheee"
lets began....
pertama saya membuat sampel / contoh jaringan sederhana sebagai berikut:

router (mikrotik) yang saya gunakan disni adalah rb750 dengan jumlah interface sebanyak 5 buah...tpi yang akan saya gunakan disini adalah cuma dua interface saja.
ether1 sebagai interface yang akan terhubung dengan jaringan internet (modem / isp)
ether2 sebagai interface yang akan terhubung dengan jaringan lokal (client)

IP address ether1 : 202.100.100.2/30
netmask : 255.255.255.252
gateway : 202.100.100.1

IP Address ether2: 192.168.1.1/28
netmask : 255.255.255.240
gateway: 192.168.1.1 (ip address dari ether 2 akan bertindak sebagai gateway untuk client)
 saya menggunakan ip address untuk client (/28) ini hanya sebagai contoh. dimana pada setting ini jumlah client maksimal sebanyak 14 client.

DNS: dalam settingan kali ini kita menggunakan contoh dns dari miliknya google yaitu (8.8.8.8)

ok dah....setting kita mulai ya....
login ke router mikrotik
pada new terminal ketikkan perintah sebagai berikut:
Langkah selanjutnya adalah menambahkan gateway route:
gateway route yang ditambahkan disni adalah gateway yang menuju ke internet (gateway dari ip yang didapat dari isp.
Setelah ip address dan gateway route di ditambahkan ..selanjutnya adalah menambahkan konfiguras NAT..
Langkah selanjutnya adalah menambahkan DNS pada router. disini kita menggunakan dns dari google. (dns biasanya didapat dari isp)
ok...semua setting untuk router dasar ini sudah kita bikin...selanjutnya coba test ping pada terminal router ke dns atau juga ke situs-situs yang anda inginkan contoh disini saya melakukan ping www.google.com. 

contoh diatas menunjukkan bahwa router sudah terkoneksi dengan internet. berarti setting untuk router sudah sukses.
selanjutnya adalah setting ip pada client. dari ip address yang telah kita bikin diatas disini ip addess untuk client saya mencontohkan adalah 192.168.1.2 diman settingnya adalah sebagai berikut:
ip : 192.168.1.2
netmask: 255.255.255.240
gateway: 192.168.1.1
DNS: 8.8.8.8
setelah network kita setting cobalah untuk browsing...
moga sukses...untuk tutorial sederhana ini....
mudah-mudah saya bisa memberikan tutorial yang lebih bermanfaat lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar